Amankan Ponsel Android Anda saat Menggunakan Wi-Fi Publik

Image 2 Amankan Ponsel Android Anda saat Menggunakan Wi-Fi Publik

Wi-Fi publik yang dapat digunakan secara gratis di tempat-tempat umum sudah bisa ditemukan di mana-mana. Menggunakan Wi-Fi publik adalah salah satu cara untuk menghemat penggunaan data seluler saat Anda sedang bepergian.

Apakah Wi-Fi publik dapat digunakan secara aman tanpa mengorbankan privasi Anda? Berikut adalah beberapa tips untuk menjaga ponsel Android Anda tetap aman saat menggunakan Wi-Fi publik.

Jangan Mengambil Risiko

Ketika memanfaatkan Wi-Fi publik, sebaiknya Anda tidak menggunakannya untuk mengakses situs dengan informasi pribadi yang sensitif seperti internet banking. Cukup gunakan Wi-Fi publik untuk mengakses situs umum agar data Anda tidak dilihat orang tak bertanggung jawab, kecuali jika Anda mengetahui cara-cara mengamankan informasi Anda di internet seperti beberapa cara di bawah ini. Bukan berarti semua Wi-Fi publik dimata-matai, tetapi sebaiknya Anda tidak mengambil risiko.

Gunakan Jaringan yang Aman

Jangan sembarangan menghubungkan ponsel Anda dengan Wi-Fi publik, terutama jaringan terbuka dengan nama mencurigakan seperti “WiFi Bandara Gratis”. Gunakanlah Wi-Fi publik yang disediakan oleh cafe atau toko. Anda mungkin harus membeli sesuatu untuk menggunakannya, tetapi ini lebih aman daripada jaringan terbuka yang tak jelas asal usulnya.

Sebisanya, gunakanlah jaringan semi terbuka yang dilindungi dengan kata sandi seperti Wi-Fi dari cafe, restoran, dsb. Akan lebih baik jika tempat dengan hotspot Wi-Fi tersebut menampilkan kata sandi mereka di struk pembelian alih-alih membagikannya dengan bebas.

Matikan Wi-Fi Ketika Sedang Tidak Digunakan

Jika Anda tidak memerlukan Wi-Fi di tempat publik, nonaktifkan Wi-Fi untuk menjamin keamanan ponsel Anda.

Gunakan HTTPS

Tidak semua situs mendukung HTTPS, tetapi cobalah untuk menggunakan situs dengan HTTPS jika tersedia. Hal ini akan melindungi Anda dari pengintai di internet yang memburu informasi pribadi.

Pastikan Sistem Operasi Ponsel Mutakhir

Perhatikanlah jika ada perbaruan yang disediakan Google untuk ponsel Anda, dan pastikan untuk memasang perbaruan secara berkala. Perbaruan umumnya memuat penyelesaian dari bug dan masalah keamanan yang ada di sistem versi lama.

Gunakan Peralatan Keamanan di Ponsel

Antivirus, Antimalware, VPN, atau aplikasi keamanan lainnya wajib dipasang apabila Anda sering menggunakan Wi-Fi publik. Peralatan-peralatan keamanan ini akan melindungi ponsel Anda dari virus, malware, dan pengintai.

Jangan Gunakan Jaringan yang Lambat

Jaringan yang lambat dapat disebabkan oleh router yang telah disabotase. Selain itu, mungkin saja Anda tidak benar-benar terhubung ke router, tetapi terhubung ke perangkat lain yang menyamar sebagai router. Perangkat ini dapat dimanfaatkan oleh orang tak bertanggung jawab untuk mencuri kata sandi dan informasi pribadi Anda.

Gunakan Autentikasi Dua Faktor

Autentikasi dua faktor memberikan pertahanan yang kuat terhadap keamanan akun Anda. Dengan autentikasi dua faktor, Anda yakin bahwa Anda sedang terhubung ke situs yang benar. Sebaliknya, situs juga bisa mengetahui bahwa yang sedang mencoba untuk terhubung ke situs tersebut benar-benar Anda.

Bawa Wi-Fi Sendiri

Proteksi terbaik dari jaringan publik yang tidak aman adalah dengan tidak menggunakannya. Jika bisa, gunakanlah jaringan tepercaya milik Anda sendiri seperti data seluler atau Mifi (Mobile Wi-Fi). Jika tidak punya, pastikan bahwa Anda bijak dalam menggunakan internet melalui Wi-Fi publik.

Begitulah kiat-kiat mengamankan ponsel Android Anda saat menggunakan Wi-Fi publik.

  1. Keamanan Anti Mata-Mata

    Keamanan Anti Mata-Mata

    Curiga bahwa perangkat Android Anda sedang diintaiPeralatan ini dapat memindai smartphonemendeteksi perangkat pengintai, dan membersihkan smartphone dari perangkat pengintai. Melindungi dari perangkat pengintai komersial yang dapat melihat data dan aktivitas Anda di smartphone.

  2. Kaspersky Antivirus & Security

    Kaspersky Antivirus & Security

    Tidak hanya menyediakan antivirus, aplikasi ini juga menawarkan perlindungan terhadap perangkat pengintai, perangkat perusak, dan berbagai ancaman keamanan lainnya. Juga dilengkapi dengan kunci aplikasi dan perlindungan webuntuk keamanan ekstra saat berselancar di internet.

Cara Mengunduh Video TikTok tanpa Tanda Air
Cara Mengunduh Video TikTok tanpa Tanda Air

Dalam era media sosial yang kaya akan konten video pendek, TikTok telah menjadi platform yang sangat populer. Namun, jika mengunduh video dari TikTok, Anda pasti menemukan tanda air yang mengganggu. Untungnya, ada beberapa cara untuk mengunduh video TikTok tanpa tanda air, ya…

Cara Membersihkan Saran Pencarian Instagram
Cara Membersihkan Saran Pencarian Instagram

Anda pasti pernah melakukan pencarian di Instagram, entah dengan mencari akun, tagar, atau lainnya. Instagram menyimpan riwayat pencarian ini dan menampilkannya kembali ketika Anda melakukan pencarian baru. Hal ini mungkin tidak diinginkan, misalnya ketika Anda tidak ingin or…