Temukan Lokasi Terbaik bagi Router untuk Mendapat Sinyal Wi-Fi Terkuat

Image 1 Temukan Lokasi Terbaik bagi Router Anda untuk Mendapatkan Sinyal Wi-Fi Terkuat

Anda membayar mahal untuk berlangganan layanan Wi-Fi dengan kecepatan tinggi, namun malah tidak mendapatkan kecepatan yang dijanjikan? Ada berbagai alasan untuk hal ini, salah satunya adalah lokasi router yang tidak optimal. Simak tutorial berikut ini untuk menemukan lokasi terbaik bagi router Anda untuk mendapatkan sinyal Wi-Fi yang bagus.

Ada berbagai faktor yang menyebabkan kecepatan Wi-Fi tidak optimal. Pertama, kecepatan yang dijanjikan penyedia layanan hanyalah kecepatan secara teoretis di bawah kondisi yang ideal, jadi tidak terjamin bahwa semua orang akan mendapatkan kecepatan maksimal tersebut. Kedua, jenis router yang digunakan. Jenis router harus sesuai dengan kebutuhan, misalnya jika rumah Anda besar, sebaiknya Anda menggunakan router terbaru dengan kecepatan lebih tinggi dan jangkauan lebih luas.

Ketiga adalah lokasi router. Walaupun Anda menggunakan router termahal, kecepatan tidak akan maksimal apabila router tidak diletakkan di tempat terbaik. Bagaimana cara menemukan tempat terbaik untuk meletakkan router?

Letakkan di Tengah

Router mengirimkan sinyal ke semua arah. Oleh karena itu, jika Anda meletakkan router di sudut rumah maka akan ada sinyal yang terkirim ke luar rumah. Untuk menjamin sinyal terkirim secara optimal ke seluruh rumah, letakkanlah router di tengah-tengah rumah.

Tinggikan Router

Router cenderung mengirim sinyal ke arah bawah, jadi letakkan router di tempat yang tinggi seperti rak buku, lemari, atau bahkan dipasang di dinding.

Hindari Alat Elektronik Lain

Sebisa mungkin, hindarkan router Anda dari peralatan elektronik yang dapat mengganggu sinyal dari router. Semakin banyak dinding, alat elektronik, atau penghalang berukuran besar lainnya di sekitar router Anda, semakin besar kemungkinan sinyal akan terganggu.

Antena Ada Fungsinya

Ada router yang tidak memiliki antena, ada juga yang memiliki hingga 8 antena. Antena-antena ini membantu mengarahkan sinyal dari router. Jadi, jika router Anda memiliki antena, jangan mengarahkan antena ke arah yang sama. Ubah posisi antena router agar sinyal dapat terkirim ke segala arah.

Petakan Sinyal Wi-Fi

Anda bisa memetakan sinyal Wi-Fi di sekitar rumah untuk mengetahui apabila ada celah yang tidak mendapat sinyal Wi-Fi, sehingga Anda bisa menempatkan router di tempat yang lebih strategis. Beberapa aplikasi pemetaan Wi-Fi dapat diunduh di bawah artikel ini.

Begitulah cara menemukan lokasi terbaik bagi router Anda untuk mendapatkan sinyal Wi-Fi yang bagus.

  1. WiFi Solver FDTD

    WiFi Solver FDTD

    Simulasikan bagaimana sinyal Wi-Fi di rumah Anda didistribusikan dengan aplikasi ini. Wi-Fi Solver FDTD dapat membantu Anda menemukan lokasi terbaik untuk meletakkan router Wi-Fi di rumah Anda. Cukup buat denah rumah, tandai posisi router saat ini, dan aplikasi ini akan memperlihatkan ke mana saja sinyal Wi-Fi didistribusikan, mulai dari sinyal terkuat hingga sinyal lemah. Simulasi dapat Anda rekam dan simpan sebagai animasi GIF.

  2. Wi-Fi Heatmap

    Wi-Fi Heatmap

    Wi-Fi Heatmap menampilkan kekuatan sinyal Wi-Fi dalam bentuk peta, dengan warna berbeda untuk kekuatan sinyal yang berbeda. Aplikasi ini juga menyediakan peta kecepatan koneksi, yang menampilkan kecepatan koneksi di tempat berbeda dalam suatu lokasi. Selain itu, jika ada jaringan dengan koneksi yang lebih baik, peralatan ini akan menampilkannya di peta.

Cara Melihat Cerita Lama di Instagram
Cara Melihat Cerita Lama di Instagram

Instagram Stories telah menjadi fitur yang sangat populer di antara pengguna Instagram untuk berbagi momen yang singkat dan menarik. Namun, terkadang Anda mungkin melewatkan cerita yang ingin Anda lihat kembali setelah 24 jam berlalu. Untungnya, ada beberapa cara untuk meliha…

Cara Mengunduh Video TikTok tanpa Tanda Air
Cara Mengunduh Video TikTok tanpa Tanda Air

Dalam era media sosial yang kaya akan konten video pendek, TikTok telah menjadi platform yang sangat populer. Namun, jika mengunduh video dari TikTok, Anda pasti menemukan tanda air yang mengganggu. Untungnya, ada beberapa cara untuk mengunduh video TikTok tanpa tanda air, ya…

Cara Membersihkan Saran Pencarian Instagram
Cara Membersihkan Saran Pencarian Instagram

Anda pasti pernah melakukan pencarian di Instagram, entah dengan mencari akun, tagar, atau lainnya. Instagram menyimpan riwayat pencarian ini dan menampilkannya kembali ketika Anda melakukan pencarian baru. Hal ini mungkin tidak diinginkan, misalnya ketika Anda tidak ingin or…