Tips Terbaik untuk Mengetik Teks Lebih Cepat di Ponsel Android Anda

Image 1 Tips Terbaik untuk Mengetik Teks Lebih Cepat di Ponsel Android Anda

Mengetik di ponsel layar sentuh mungkin tidak senyaman atau semudah mengetik di papan ketik. Namun, ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan agar mengetik di smartphone menjadi lebih cepat dan mudah. Berikut adalah tips-tips terbaik untuk mengetik teks lebih cepat di ponsel Android Anda.

Masukkan Emoji dengan Cepat

Banyak kata dapat disampaikan dalam sebuah emoji. Produsen Android juga mengetahui hal ini, karena sudah terdapat fitur untuk memudahkan pengguna dalam memasukkan emoji, yakni fitur pencarian. Anda tidak perlu lagi pusing mencari emoji yang diinginkan di antara ratusan emoji lainnya. Cukup ketuk ikon kaca pembesar dan masukkan kata kunci yang sesuai dengan emoji yang dicari.

Image 10 Tips Terbaik untuk Mengetik Teks Lebih Cepat di Ponsel Android Anda

Selain itu, Anda bisa mencari emoji dengan menggambarnya.

Image 11 Tips Terbaik untuk Mengetik Teks Lebih Cepat di Ponsel Android Anda Image 12 Tips Terbaik untuk Mengetik Teks Lebih Cepat di Ponsel Android Anda

Walaupun ini tidak mempercepat Anda menemukan emoji, tetapi bisa bermanfaat ketika Anda tidak tahu kata kunci emoji yang ingin dicari.

Kontrol Kursor yang Tepat

Tidak jarang kita melakukan kesalahan saat mengetik. Untuk memperbaikinya, kita harus menggeser kursor ke huruf yang salah. Hal ini cukup sulit dilakukan apabila ponsel Anda kecil. Untuk mengatasinya, gunakanlah fitur dari Gboard, di mana Anda cukup menggeser ke kanan atau kiri di tombol spasi untuk mengarahkan kursor ke tempat yang tepat.

Ketuk Nomor dan Karakter Spesial dengan Cepat

Secara bawaan, Gboard akan menampilkan baris angka di papan ketik apabila Anda mengetuk tombol ?123. Jika Anda sering mengetik angka dan tidak ingin repot mengetuk tombol tersebut berkali-kali, Anda bisa membuat baris angka menjadi permanen dengan membuka Setelan>

Image 13 Tips Terbaik untuk Mengetik Teks Lebih Cepat di Ponsel Android Anda

  • Preferensi

Image 16 Tips Terbaik untuk Mengetik Teks Lebih Cepat di Ponsel Android Anda

  • Ketuk toggle Baris angka.

Image 15 Tips Terbaik untuk Mengetik Teks Lebih Cepat di Ponsel Android Anda
Jika Anda ingin mengetik angka dengan cepat namun tidak ingin layar Anda tertutup baris angka, Anda bisa mengetuk tombol ?123 dan langsung menggeser jari Anda ke angka yang ingin diketik.

Image 18 Tips Terbaik untuk Mengetik Teks Lebih Cepat di Ponsel Android Anda

Dengan begitu, baris angka tidak akan mengambil lebih banyak tempat di layar. Hal yang sama juga bisa dilakukan untuk mengetik karakter spesial. Untuk mengakses karakter spesial yang sering digunakan, cukup ketuk dan tahan pada tombol titik.

Image 19 Tips Terbaik untuk Mengetik Teks Lebih Cepat di Ponsel Android Anda

Prediksi dan Saran

Gboard dapat merekomendasikan kata-kata berdasarkan kata-kata yang Anda ketik sebelumnya. Hal ini dapat mempercepat Anda dalam mengetik. Untuk mengaktifkannya, buka Setelan Gboard>

Image 13 Tips Terbaik untuk Mengetik Teks Lebih Cepat di Ponsel Android Anda

  • Koreksi Teks;

Image 20 Tips Terbaik untuk Mengetik Teks Lebih Cepat di Ponsel Android Anda

ketuk toggle Saran kata berikutnya.


Image 21 Tips Terbaik untuk Mengetik Teks Lebih Cepat di Ponsel Android Anda

Di bawahnya, Anda bisa menemukan jenis saran lainnya. Kami menyarankan untuk mengaktifkan saran-saran tersebut untuk memudahkan Anda dalam mengetik.

Image 22 Tips Terbaik untuk Mengetik Teks Lebih Cepat di Ponsel Android Anda

Buat Singkatan untuk Kalimat secara Otomatis

Gboard memungkinkan Anda untuk membuat singkatan untuk kalimat-kalimat tertentu yang sering Anda gunakan. Misalnya, Anda bisa mengetik “apkb” untuk mengetik “apa kabar”. Caranya:

  • Buka Setelan Gboard.
  • Ketuk Kamus.

Image 3 Tips Terbaik untuk Mengetik Teks Lebih Cepat di Ponsel Android Anda

  • Ketuk Kamus Pribadi.

Image 4 Tips Terbaik untuk Mengetik Teks Lebih Cepat di Ponsel Android Anda

  • Ketuk Semua Bahasa.

Image 5 Tips Terbaik untuk Mengetik Teks Lebih Cepat di Ponsel Android Anda

  • Ketuk tanda tambah (+).

Image 6 Tips Terbaik untuk Mengetik Teks Lebih Cepat di Ponsel Android Anda

  • Masukkan kalimat dan pintasan yang diinginkan.

Image 7 Tips Terbaik untuk Mengetik Teks Lebih Cepat di Ponsel Android Anda

Ketik Geser

Ketik geser memungkinkan Anda untuk mengetik dengan menggeser jari Anda alih-alih mengetik setiap huruf. Cara menggunakannya yakni dengan menggeser jari Anda di huruf-huruf hingga membentuk kata yang diinginkan.

Dikte

Dengan fitur dikte, Anda bisa berbicara dan membiarkan Gboard mengetikkannya untuk Anda. Untuk menggunakan fitur ini, ketuk ikon mikrofon dan mulai berbicara.

Image 9 Tips Terbaik untuk Mengetik Teks Lebih Cepat di Ponsel Android Anda

Papan Ketik Android yang Lain

Selain Gboard, ada banyak aplikasi papan ketik di Android yang bisa Anda gunakan, misalnya SwiftKey, Fleksy, dll.

Itulah beberapa tips terbaik untuk mengetik teks lebih cepat di ponsel Android.

  1. Gboard - Keyboard dari Google

    Gboard – Keyboard dari Google

    Aplikasi papan tombol yang dilengkapi berbagai fitur seperti pengetikan suaraketik luncur, tulisan tangan, penerjemahan, dan masih banyak lagi. GBoard juga menyediakan emoji dan GIF. Anda bisa mengetik dalam ratusan bahasa mulai dari Indonesia hingga bahasa Jepang dan Korea. Tampilan papan tombol  dari Google ini dapat disetel sesuai keinginan Anda.

Cara Melihat Cerita Lama di Instagram
Cara Melihat Cerita Lama di Instagram

Instagram Stories telah menjadi fitur yang sangat populer di antara pengguna Instagram untuk berbagi momen yang singkat dan menarik. Namun, terkadang Anda mungkin melewatkan cerita yang ingin Anda lihat kembali setelah 24 jam berlalu. Untungnya, ada beberapa cara untuk meliha…

Cara Mengunduh Video TikTok tanpa Tanda Air
Cara Mengunduh Video TikTok tanpa Tanda Air

Dalam era media sosial yang kaya akan konten video pendek, TikTok telah menjadi platform yang sangat populer. Namun, jika mengunduh video dari TikTok, Anda pasti menemukan tanda air yang mengganggu. Untungnya, ada beberapa cara untuk mengunduh video TikTok tanpa tanda air, ya…

Cara Membersihkan Saran Pencarian Instagram
Cara Membersihkan Saran Pencarian Instagram

Anda pasti pernah melakukan pencarian di Instagram, entah dengan mencari akun, tagar, atau lainnya. Instagram menyimpan riwayat pencarian ini dan menampilkannya kembali ketika Anda melakukan pencarian baru. Hal ini mungkin tidak diinginkan, misalnya ketika Anda tidak ingin or…