Menyembunyikan Media Sosial Anda dari Perundung di Android

Image 2 Menyembunyikan Media Sosial Anda dari Perundung di Android

Jejaring sosial bisa menjadi tempat yang berguna dan menghubungkan Anda dengan orang-orang baru. Namun di sisi lain, jejaring sosial juga bisa menjadi sarang yang subur bagi perundungan siber. Untuk menggunakan media sosial dengan cermat dan tetap menjaga kesehatan mental Anda, ada baiknya Anda mengetahui cara menyembunyikan media sosial Anda dari perundung di Android. Berikut adalah tutorialnya.

Cara Membuat Akun Twitter Menjadi Privat

  • Buka Twitter.
  • Buka Pengaturan dan Privasi.

Image 9 Menyembunyikan Media Sosial Anda dari Perundung di Android

  • Ketuk Privasi dan Keamanan.

Image 10 Menyembunyikan Media Sosial Anda dari Perundung di Android

  • Ketuk kotak di samping Lindungi Tweet Anda.

Image 11 Menyembunyikan Media Sosial Anda dari Perundung di Android

  • Ketuk Lindungi.

Image 13 Menyembunyikan Media Sosial Anda dari Perundung di Android

Dengan begitu, cuitan Anda hanya akan terlihat bagi pengikut. Namun informasi seperti gambar profil dan banner, nama, nama pengguna, bio, lokasi, situs, tanggal lahir, jumlah pengikut dan diikuti masih akan terlihat oleh publik.

Cara Membuat Akun Instagram Menjadi Privat

  • Buka profil Anda di Instagram.
  • Ketuk ikon tiga garis.

Image 14 Menyembunyikan Media Sosial Anda dari Perundung di Android

  • Ketuk Pengaturan.

Image 15 Menyembunyikan Media Sosial Anda dari Perundung di Android

  • Ketuk Privasi.

Image 16 Menyembunyikan Media Sosial Anda dari Perundung di Android

  • Ketuk Privasi Akun.

Image 17 Menyembunyikan Media Sosial Anda dari Perundung di Android

  • Pastikan bahwa toggle di samping Akun Privat aktif (berwarna biru).

Image 18 Menyembunyikan Media Sosial Anda dari Perundung di Android

Dengan begitu, postingan dan cerita Anda hanya akan terlihat oleh pengikut, dan tidak akan muncul di pencarian atau tagar. Namun, semua orang masih bisa melihat nama, nama pengguna, foto profil, bio, serta jumlah pengikut dan diikuti (tetapi tidak terlihat siapa mereka).

Cara Membuat Akun Facebook Menjadi Privat

  • Buka Facebook.
  • Ketuk ikon menu.

Image 19 Menyembunyikan Media Sosial Anda dari Perundung di Android

  • Ketuk Pengaturan.

Image 20 Menyembunyikan Media Sosial Anda dari Perundung di Android

  • Ketuk Pengaturan Privasi.

Image 21 Menyembunyikan Media Sosial Anda dari Perundung di Android

  • Di sini Anda akan melihat berbagai setelan privasi yang bisa Anda ubah sesuka hati. Anda bisa menyetel agar informasi hanya bisa terlihat oleh teman Anda, atau bahkan hanya Anda sendiri.

Image 3 Menyembunyikan Media Sosial Anda dari Perundung di Android

Cara Memblokir Seseorang di Twitter, Instagram, dan Facebook

Jika Anda merasa tidak nyaman dengan suatu akun, Anda bisa memblokirnya. Untuk Twitter dan Instagram:

  • Buka profil yang ingin diblokir.
  • Ketuk ikon menu (tiga titik).

Image 5 Menyembunyikan Media Sosial Anda dari Perundung di Android

  • Ketuk Blokir.

Image 6 Menyembunyikan Media Sosial Anda dari Perundung di Android Image 4 Menyembunyikan Media Sosial Anda dari Perundung di Android

Untuk Facebook:

  • Buka Pengaturan.
  • Ketuk Pemblokiran.

Image 7 Menyembunyikan Media Sosial Anda dari Perundung di Android

  • Ketik nama akun atau email yang ingin diblokir.

Image 8 Menyembunyikan Media Sosial Anda dari Perundung di Android

  • Ketuk Blokir.

Cara Menemukan Profil Tersembunyi di Jejaring Sosial

Walaupun Anda telah menyembunyikan akun-akun Anda, terdapat beberapa cara untuk menemukan akun yang tersembunyi. Cara-cara ini sebaiknya Anda ketahui untuk mencegah orang lain mudah menemukan akun Anda.

Penelusuran Balik Gambar

Jika seseorang memiliki foto Anda dan Anda menggunakan foto tersebut di jejaring sosial, ia bisa saja menggunakan penelusuran balik gambar di Google untuk menemukan akun Anda. Untuk mencegahnya, Anda bisa menggunakan foto profil baru yang tidak dimiliki siapapun selain Anda.

Penandaan di Postingan

Teman atau keluarga Anda mungkin menandai Anda dalam postingan mereka. Dengan begitu, orang yang melihat postingan tersebut dapat mengetahui akun Anda, meskipun akun Anda privat. Untuk mencegah orang lain menandai Anda:

  • Di Twitter, buka Pengaturan dan privasi> Privasi dan keamanan> Penandaan foto> Ketuk Mati.
  • Di Instagram, buka Pengaturan> Privasi> Tagar> Matikan toggle Tambahkan Otomatis.
  • Di Facebook, buka Pengaturan> Linimasa dan Penandaan> aktifkan menu Tinjau postingan yang menandai Anda sebelum postingan itu muncul di linimasa.

Nama Pengguna yang Berulang

Anda menggunakan nama pengguna yang sama di berbagai jejaring sosial? Hal ini akan memudahkan orang untuk menemukan jejaring sosial Anda. Jika Anda ingin mengubah nama pengguna agar tidak sama dengan nama pengguna di jejaring sosial lainnya:

  • Di Twitter, buka Pengaturan dan privasi> Akun> Nama Pengguna> Ubah, lalu ketuk Simpan.
  • Di Instagram, buka Profil> Edit Profil> Ubah nama pengguna> Ketuk tanda centang.
  • Di Facebook, buka Pengaturan> Informasi Pribadi> Nama> Ubah nama> Tinjau Perubahan> Masukkan kata sandi> Simpan perubahan.

Menambatkan Nomor Telepon atau Alamat Email Anda

Dengan menambatkan nomor telepon atau alamat email di jejaring sosial, orang lain dapat menemukan akun Anda apabila mereka memiliki alamat email atau nomor tsb. Untuk mencegahnya:

  • Di Twitter, buka Pengaturan dan privasi> Privasi dan keamanan> Ketertemuan dan kontak> Pastikan bahwa Permudah orang yang memiliki alamat email Anda untuk menemukan Anda di Twitter dan Permudah orang yang memiliki nomor ponsel Anda untuk menemukan Anda di Twitter tidak dicentang.
  • Di Instagram,  Anda tidak bisa ditemukan dengan email, hanya dengan nomor telepon. Untuk menghapus nomor Anda, buka Profil> Edit profil> Hapus nomor> Ketuk tanda centang.
  • Di Facebook, buka Pengaturan> Pengaturan Privasi> atur agar Siapa yang bisa mencari Anda menggunakan alamat email yang Anda berikan dan Siapa yang bisa mencari Anda menggunakan nomor telepon yang Anda berikan disetel ke Hanya Saya.

Tautan ke Aplikasi Lain

Banyak layanan yang memungkinkan Anda mendaftar dengan akun jejaring sosial. Jika Anda pernah menggunakannya, pastikanlah bahwa layanan tersebut tidak mempublikasikan akun jejaring sosial Anda. Jika Anda ingin aman dan menghapus tautan layanan tersebut dari akun Anda:

  • Di Twitter, buka Pengaturan dan privasi> Akun> Aplikasi dan sesi> Pilih layanan> Cabut Akses.
  • Di Instagram, buka Pengaturan> Keamanan> Aplikasi dan situs web> Aktif> Hapus aplikasi dan situs yang diinginkan.
  • Di Facebook, buka Pengaturan> Aplikasi dan situs web> Diakses menggunakan Facebook> Tandai semua layanan yang ingin dihapus> Hapus.

Detox atau Hapus Media Sosial Anda

Melakukan detox sosial media atau menghapusnya juga adalah salah satu cara untuk menghindari perundung di media sosial dan menjaga kesehatan mental serta produktifitas Anda. Cara menghapus akun:

  • Di Twitter, buka Pengaturan dan privasi> Akun> Nonaktifkan akun> Nonaktifkan.

Begitulah cara menyembunyikan media sosial Anda dari perundung di Android.

  1. Facebook

    Facebook

    Aplikasi Facebook memungkinkan pengguna untuk tetap terhubung dan mengelola jejaring sosial Facebook langsung dari smartphoneJelajahi lini masa, buat status, ubah foto profil, dan kirim pesan di Facebook melalui smartphone Anda. Dapatkan pemberitahuan ketika teman menyukai atau mengomentari kiriman Anda. Anda juga bisa mencari informasi mengenai bisnis dan toko lokal untuk melihat ulasan dan foto.

  2. Instagram

    Instagram

    Aplikasi jejaring sosial khusus untuk membagikan foto hasil karya Anda dengan pengguna Instagram lainnya. Selain foto, Anda bisa membagikan video dan momen keseharian Anda melalui Story Instagram. Temukan dan ikuti akun serta tagar favorit Anda, dan berinteraksilah dengan pengikut Anda. Tersedia alat untuk menyunting foto sebelum mengunggahnya.

  3. Twitter

    Twitter

    Aplikasi jejaring sosial di mana Anda bisa menuangkan pikiran dan keseharian Anda dalam kicauan singkat. Ikuti orang-orang yang Anda sukai dan topik-topik yang Anda pedulikan. Anda bisa menyukai atau membagikan kembali kicauan orang lain. Temukan juga berita-berita terbaru dari seluruh dunia.

Cara Membersihkan Saran Pencarian Instagram
Cara Membersihkan Saran Pencarian Instagram

Anda pasti pernah melakukan pencarian di Instagram, entah dengan mencari akun, tagar, atau lainnya. Instagram menyimpan riwayat pencarian ini dan menampilkannya kembali ketika Anda melakukan pencarian baru. Hal ini mungkin tidak diinginkan, misalnya ketika Anda tidak ingin or…

Cara Mengunduh Pesan Suara dari Telegram
Cara Mengunduh Pesan Suara dari Telegram

Anda ingin mengunduh pesan suara dari Telegram untuk disimpan di ponsel Anda atau digunakan untuk hal lain? Ikutilah cara mengunduh pesan suara dari Telegram berikut ini. Cara Mengunduh Pesan Suara dari Telegram Buka Telegram dan temukan pesan suara yang ingin Anda unduh. And…

Cara Menambahkan Tombol Kontak di Instagram
Cara Menambahkan Tombol Kontak di Instagram

Jika Anda merupakan seorang profesional atau memiliki bisnis dengan akun Instagram, menambahkan detail kontak di profil Anda akan memudahkan klien atau pelanggan menghubungi Anda. Berikut adalah cara menambahkan tombol kontak di Instagram. Cara Menambahkan Tombol Kontak di In…

Cara Mengirim Pesan ke Beberapa Kontak di WhatsApp
Cara Mengirim Pesan ke Beberapa Kontak di WhatsApp

Anda ingin mengirimkan pesan yang sama ke beberapa kontak sekaligus di WhatsApp? Anda mungkin perlu melakukan ini misalnya ketika ingin mengirimkan pesan ucapan hari raya atau sebagainya. Berikut adalah cara mengirim pesan ke beberapa kontak di WhatsApp. Meneruskan Pesan Cara…