Cara Menggunakan Instagram Reels: Panduan Langkah demi Langkah

Instagram baru-baru ini mengeluarkan fitur bernama Reels, yang memungkinkan pengguna untuk membuat video 15 detik. Fitur ini mirip dengan fitur aplikasi video yang viral, TikTok. Penasaran? Berikut adalah panduan langkah demi langkah cara menggunakan Instagram Reels.

Apa Itu Instagram Reel

Fitur yang mirip TikTok ini baru diluncurkan di beberapa negara saja, dan belum semua pengguna bisa menikmatinya. Jika Anda belum menemukan fitur ini di Instagram Anda, bersabarlah menunggu hingga fitur ini resmi dirilis di Indonesia. Instagram Reels adalah fitur yang memungkinkan pengguna untuk membuat video berdurasi 15 detik.

Untuk menggunakannya, Anda cukup membuka kamera Instagram dan memilih Reels di antara Boomerang, Live, dll. Setelah membuat video, pengguna bisa memilih target penonton, ke mana video Reels akan dibagikan. Tidak seperti Story, Reels juga bisa dibagikan ke Explore, dan bisa dilihat oleh siapapun.

Instagram Reels menawarkan kebebasan untuk menambahkan media ke video, menggunakan audio, mengganti kecepatan video, menambahkan efek, dan menggunakan timer. Anda bisa menemukan video yang dibuat pengguna lain di tab Explore. Pengguna juga bisa menggunakan efek AR (Augmented Reality/Realitas Tertambah) dengan mengetuk ikon efek di Reels.

Reels memungkinkan Anda untuk merekam beberapa klip 15 detik sekaligus, dan menambahkan efek berbeda ke setiap video setelah direkam. Reels juga bisa ditinjau kembali, dihapus, dan direkam kembali. Anda bisa menggunakan audio original Anda di Reels.

Cara Membuat Reels Instagram

Image 1 Cara Menggunakan Instagram Reels: Panduan Langkah demi Langkah

  • Buka Instagram dan buka tab story Anda.
  • Di bagian bawah, pilih Reels.
  • Pilih opsi Audio dan pilih lagu dari pustaka musik Instagram.
  • Untuk menggunakan audio sendiri, Anda cukup merekam video dengan audio yang Anda inginkan.
  • Anda bisa menambahkan efek AR dengan mengetuk ikon efek, atau menggunakan timer untuk merekam video Anda secara otomatis dengan mengetuk ikon Timer.
  • Anda juga bisa mempercepat atau memperlambat bagian video atau audio.

Itulah panduan langkah demi langkah cara menggunakan Instagram Reels.

  1. Instagram

    Instagram

    Aplikasi jejaring sosial khusus untuk membagikan foto hasil karya Anda dengan pengguna Instagram lainnya. Selain foto, Anda bisa membagikan video dan momen keseharian Anda melalui Story Instagram. Temukan dan ikuti akun serta tagar favorit Anda, dan berinteraksilah dengan pengikut Anda. Tersedia alat untuk menyunting foto sebelum mengunggahnya.

Cara Melihat Cerita Lama di Instagram
Cara Melihat Cerita Lama di Instagram

Instagram Stories telah menjadi fitur yang sangat populer di antara pengguna Instagram untuk berbagi momen yang singkat dan menarik. Namun, terkadang Anda mungkin melewatkan cerita yang ingin Anda lihat kembali setelah 24 jam berlalu. Untungnya, ada beberapa cara untuk meliha…

Cara Mengunduh Video TikTok tanpa Tanda Air
Cara Mengunduh Video TikTok tanpa Tanda Air

Dalam era media sosial yang kaya akan konten video pendek, TikTok telah menjadi platform yang sangat populer. Namun, jika mengunduh video dari TikTok, Anda pasti menemukan tanda air yang mengganggu. Untungnya, ada beberapa cara untuk mengunduh video TikTok tanpa tanda air, ya…

Cara Membersihkan Saran Pencarian Instagram
Cara Membersihkan Saran Pencarian Instagram

Anda pasti pernah melakukan pencarian di Instagram, entah dengan mencari akun, tagar, atau lainnya. Instagram menyimpan riwayat pencarian ini dan menampilkannya kembali ketika Anda melakukan pencarian baru. Hal ini mungkin tidak diinginkan, misalnya ketika Anda tidak ingin or…