Cara Melihat Siapa yang Melihat Profil Instagram Anda

Image 1 Cara Melihat Siapa yang Melihat Profil Instagram Anda

Instagram adalah salah satu aplikasi media sosial yang paling banyak digunakan masyarakat Indonesia saat ini, dan mungkin Anda salah satu dari sekian juta pengguna Instagram. Anda pasti pernah merasa penasaran apakah ada yang mengunjungi profil Instagram Anda diam-diam, dan siapa saja mereka. Apakah ada cara untuk itu? Berikut adalah cara melihat siapa yang melihat profil Instagram Anda.

Cara Melihat Siapa yang Melihat Profil Instagram Anda

Sayangnya, Instagram tidak memiliki fitur bawaan yang mampu menampilkan siapa saja yang melihat profil Anda. Mengapa? Karena sangat banyak pengguna yang melihat profil orang lain secara diam-diam tanpa memposting apapun di akun mereka. Jika Instagram membocorkan aktivitas mereka, kemungkinan besar mereka akan berhenti menggunakan Instagram. Selain itu, semua orang juga pasti pernah melihat profil orang lain secara diam-diam, entah itu mantan pacar, gebetan, dll. Menampilkan siapa saja yang melakukan hal tersebut akan sangat berdampak pada engagement dan jumlah pengguna Instagram. Lalu apa yang bisa Anda lakukan untuk mengetahui siapa yang melihat profil Instagram Anda?

Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Ada banyak aplikasi pihak ketiga yang mengklaim dapat menampilkan siapa saja yang melihat profil Anda. Apakah aplikasi seperti itu bekerja? Jawabannya tidak. Kebanyakan aplikasi seperti ini hanya menampilkan nama pengguna Instagram secara acak. Bahayanya, banyak aplikasi seperti ini yang justru merupakan ancaman bagi privasi akun Instagram penggunanya. Oleh karena itu, Anda harus waspada. Jika Anda memang ingin mencoba menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti itu, selalu ingat bahwa Anda membagikan data Anda ke pihak lain dan bukan Instagram, serta jangan memberikan izin yang tidak benar-benar diperlukan, seperti lokasi atau kontak.

Gunakan Instagram Story untuk Mengetahui Siapa yang Melihat Profil Instagram Anda

Walaupun tidak ada cara langsung untuk mengetahui siapa yang melihat profil Instagram Anda, Anda bisa menggunakan fitur story untuk mengetahuinya. Caranya, cukup buat story, dan lihat siapa saja yang melihat story tersebut dengan mengetuk ikon beberapa profil di sudut kiri bawah story. Tentu saja akan muncul para pengikut Anda, tetapi jika ada orang yang tidak mengikuti Anda dan melihat story Anda, hampir bisa dipastikan orang tersebut telah mengunjungi profil Anda. Namun cara ini hanya dapat dilakukan selama 24 jam, karena setelah story Anda menghilang Anda tidak dapat lagi melihat siapa yang melihat story tersebut, walaupun Anda memasukkannya ke highlight. Simak juga cara membuat story Instagram yang keren dan menarik.

Menggunakan Akun Bisnis untuk Mengetahui Siapa yang Melihat Profil Instagram Anda

Anda juga bisa memanfaatkan akun bisnis untuk mengetahui siapa yang melihat profil Instagram Anda. Jika Anda beralih ke akun bisnis, Anda bisa melihat informasi dan statistik mengenai siapa saja yang mengunjungi akun Anda, seperti lokasi, jenis kelamin, rentang usia, dan waktu mereka online. Tetapi informasi ini tidak akan disertai nama akun yang bersangkutan. Dengan kata lain, mereka tetap anonim. Jika Anda ingin tahu data seperti ini, silakan buka Instagram> Pengaturan> Akun> Beralih ke Akun Profesional. Namun perlu dicatat bahwa akun bisnis tidak bisa disetel menjadi privat, kecuali Anda beralih lagi menjadi akun biasa.

Cara Membuat Akun Instagram menjadi Pribadi

Jika Anda ingin mengontrol dan membatasi siapa saja yang bisa melihat profil Instagram Anda, cara terbaik adalah dengan mengatur akun menjadi akun pribadi. Dengan begitu, orang yang tidak mengikuti Anda tidak bisa melihat akun Anda, dan orang yang ingin mengikuti Anda harus meminta persetujuan Anda terlebih dahulu. Caranya, buka Pengaturan> Privasi> Ketuk toggle Akun Privat. Lihat juga cara untuk menghindari perundungan di media sosial.

Itulah sedikit mengenai cara melihat siapa yang melihat akun Instagram Anda. Jangan lewatkan juga daftar aplikasi terbaik untuk semua pengguna aktif jejaring sosial Instagram.

  1. Instagram

    Instagram

    Aplikasi jejaring sosial khusus untuk membagikan foto hasil karya Anda dengan pengguna Instagram lainnya. Selain foto, Anda bisa membagikan video dan momen keseharian Anda melalui Story Instagram. Temukan dan ikuti akun serta tagar favorit Anda, dan berinteraksilah dengan pengikut Anda. Tersedia alat untuk menyunting foto sebelum mengunggahnya.

  2. Followers Insight for Instagram, tracker, analyzer

    Followers Insight for Instagram, tracker, analyzer

    Dapatkan berbagai informasi dan statistik bermanfaat mengenai akun Instagram Anda, mulai dari peringkat popularitas, orang yang berhenti mengikuti Anda, popularitas postingan yang menandai Anda, orang yang paling banyak menyukai atau mengomentari postingan Anda, hingga penggemar rahasia.

  3. FollowMeter for Instagram

    FollowMeter for Instagram

    Akses informasi mendalam mengenai akun Instagram Anda dengan aplikasi ini. Lacak orang yang berhenti mengikuti Anda, temukan siapa yang tidak mengikuti balik, siapa yang paling sering melihat cerita, siapa yang melihat cerita tetapi bukan pengikut (untuk akun publik), penyuka teratas, penggemar rahasia, dan masih banyak lagi.

Cara Mengunduh Video TikTok tanpa Tanda Air
Cara Mengunduh Video TikTok tanpa Tanda Air

Dalam era media sosial yang kaya akan konten video pendek, TikTok telah menjadi platform yang sangat populer. Namun, jika mengunduh video dari TikTok, Anda pasti menemukan tanda air yang mengganggu. Untungnya, ada beberapa cara untuk mengunduh video TikTok tanpa tanda air, ya…

Cara Membersihkan Saran Pencarian Instagram
Cara Membersihkan Saran Pencarian Instagram

Anda pasti pernah melakukan pencarian di Instagram, entah dengan mencari akun, tagar, atau lainnya. Instagram menyimpan riwayat pencarian ini dan menampilkannya kembali ketika Anda melakukan pencarian baru. Hal ini mungkin tidak diinginkan, misalnya ketika Anda tidak ingin or…