Cara Membuat Kolase Foto di Instagram dan Facebook

Kolase adalah salah satu cara terbaik untuk memperlihatkan beberapa foto sekaligus tanpa perlu memposting banyak foto. Kolase banyak digunakan untuk postingan Facebook maupun Instagram. Anda penasaran bagaimana cara membuat kolase foto di Instagram dan Facebook? Berikut tutorialnya.

Cara Membuat Kolase Foto di Instagram

Ada berbagai aplikasi yang bisa Anda gunakan untuk membuat kolase di Instagram, dan Anda juga bisa membuat kolase langsung di Instagram dengan fitur Tata letak. Berikut adalah cara melakukannya:

Membuat Kolase dengan Instagram

  • Buka Instagram.
  • Geser layar ke kanan untuk membuka layar story.
  • Ketuk ikon Tata letak.

Image 9 Cara Memulihkan Foto dan Video yang Terhapus di Android

  • Ambil foto, atau pilih foto di galeri dengan mengetuk ikon di pojok kiri bawah. Anda bisa mengubah jumlah foto dengan mengetuk pilihan tata letak di bawah ikon tata letak.

Image 8 Cara Memulihkan Foto dan Video yang Terhapus di Android

  • Anda juga bisa menukar posisi foto dengan mengetuk dan menggesernya ke posisi yang diinginkan.
  • Setelah selesai, ketuk ikon centang.

Image 7 Cara Memulihkan Foto dan Video yang Terhapus di Android

  • Anda bisa mengunduh gambar ke galeri Anda dengan mengetuk ikon unduh.

Image 6 Cara Memulihkan Foto dan Video yang Terhapus di Android

Membuat Kolase dengan Aplikasi Layout

Selain cara di atas, Instagram juga memiliki aplikasi tata letak terpisah dengan lebih banyak fitur. Cara menggunakannya:

  • Unduh dan buka Layout from Instagram.
  • Berikan izin akses yang diminta.
  • Pilih foto yang ingin Anda masukkan di kolase.

Image 5 Cara Memulihkan Foto dan Video yang Terhapus di Android

  • Setelah selesai memilih, pilih bentuk kolase yang Anda inginkan di bagian atas.

Image 4 Cara Memulihkan Foto dan Video yang Terhapus di Android

  • Anda bisa mengedit dan menyesuaikan kolase sesuai keinginan Anda dengan pilihan di bagian bawah. Jika sudah, ketuk Simpan.

Image 3 Cara Memulihkan Foto dan Video yang Terhapus di Android

Cara Membuat Kolase di Facebook

Sayangnya, Facebook tidak memiliki fungsi tersendiri untuk membuat kolase. Namun Anda bisa menggunakan aplikasi lain seperti Instagram atau Layout, kemudian mengunggah hasil kolase di Facebook. Misalnya di Layout, setelah mengetuk Simpan, akan ada pilihan untuk membagikannya di Facebook. Sedangkan di Instagram, Anda cukup mengunduh hasil kolase kemudian mengunggahnya ke Facebook dari galeri Anda.

Image 2 Cara Memulihkan Foto dan Video yang Terhapus di Android

Itulah beberapa cara membuat kolase foto di Instagram dan Facebook. Berikut adalah beberapa rekomendasi aplikasi untuk membuat kolase. Lihat juga koleksi aplikasi untuk membuat story Instagram Anda lebih menarik.

  1. Layout from Instagram

    Layout from Instagram

    Aplikasi dari Instagram ini memungkinkan Anda membuat kolase dengan mudah dan intuitif. Anda bisa menggabungkan hingga 9 foto. Gunakan juga filter dan alat kreatif Instagram yang membuat foto Anda semakin keren. Juga dapat digunakan dengan fitur Photo Booth yang mengambil gambar-gambar secara spontan.

  2. Collage Maker

    Collage Maker

    Buat kolase foto yang indah dengan mudah. Anda cukup memilih beberapa foto, dan aplikasi ini akan otomatis menggabungkannya menjadi kolase yang keren. Anda juga bisa memilih sendiri tata letak yang Anda inginkan, menambahkan filter, stiker, teks, dan masih banyak lagi. Dapat menggabungkan hingga 18 foto dalam satu kolase.

  3. StoryArt - pencipta cerita untuk instagram

    StoryArt – pencipta cerita untuk instagram

    Aplikasi editor khusus untuk story Instagram yang menyediakan ribuan template story, memungkinkan Anda membuat tata letak kolase yang indah untuk story maupun Reels Instagram. Tersedia berbagai macam filter, template dengan berbagai gaya dan bingkai. Anda juga bisa menambahkan teks serta filter yang keren ke dalam foto Anda. Anda mungkin juga akan tertarik dengan apa itu Reels Instagram dan bagaimana cara menggunakannya.

  4. Unfold - Story Creator

    Unfold – Story Creator

    Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk membuat kolase dengan berbagai macam tata letak dan bingkai yang estetik. Menyediakan berbagai pilihan tampilan yang berkelas, baik gratis maupun berbayar. Kolase Anda akan terlihat profesional dengan template-template dari aplikasi ini. Selain foto, Anda juga bisa memasukkan video dalam kolase. Simak juga daftar aplikasi terbaik untuk melihat dan membuat galeri dan kolase.

Cara Mengunduh Video TikTok tanpa Tanda Air
Cara Mengunduh Video TikTok tanpa Tanda Air

Dalam era media sosial yang kaya akan konten video pendek, TikTok telah menjadi platform yang sangat populer. Namun, jika mengunduh video dari TikTok, Anda pasti menemukan tanda air yang mengganggu. Untungnya, ada beberapa cara untuk mengunduh video TikTok tanpa tanda air, ya…

Cara Membersihkan Saran Pencarian Instagram
Cara Membersihkan Saran Pencarian Instagram

Anda pasti pernah melakukan pencarian di Instagram, entah dengan mencari akun, tagar, atau lainnya. Instagram menyimpan riwayat pencarian ini dan menampilkannya kembali ketika Anda melakukan pencarian baru. Hal ini mungkin tidak diinginkan, misalnya ketika Anda tidak ingin or…