Apa Itu Komunitas WhatsApp dan Cara Menggunakannya

Fitur komunitas WhatsApp sudah mulai diluncurkan untuk pengguna di seluruh dunia. Jika Anda penasaran mengenai fungsi fitur ini dan perbedaannya dengan fitur yang sudah ada seperti grup, bacalah artikel ini. Berikut adalah pembahasan mengenai apa itu komunitas WhatsApp dan bagaimana cara menggunakannya.

Apa Itu Komunitas dan Apa Perbedaan Komunitas WhatsApp dengan Grup?

Terdapat lebih banyak persamaan di antara komunitas dan grup daripada perbedaan.

Struktur Komunitas dan Grup

Di grup WhatsApp, Anda bisa mengundang kontak, dan semua orang bisa saling mengirim pesan. Grup bermanfaat untuk mendiskusikan berbagai topik, merencanakan acara, atau sekedar menjalin silaturahmi dengan orang-orang di grup.
Sedangkan komunitas merupakan koleksi beberapa grup yang terkait dalam satu naungan. Dengan kata lain, komunitas tidak bisa dibuat tanpa grup.

Perbedaan Kapasitas Anggota

Jumlah maksimal anggota grup WhatsApp adalah 512, yang akan segera ditingkatkan menjadi 1024. Karena komunitas menaungi banyak grup, kapasitas komunitas lebih besar. Komunitas saat ini bisa menampung hingga 21 grup.

Grup Pemberitahuan

Semua anggota yang bergabung ke komunitas akan otomatis ditambahkan ke grup pemberitahuan, yang bisa digunakan admin grup untuk mengirim pesan pemberitahuan kepada semua anggota komunitas, sehingga tidak perlu lagi mengirim pesan satu persatu ke grup berbeda.

Anggota yang tidak ingin bergabung di grup pemberitahuan dapat meninggalkan grup tersebut tanpa meninggalkan komunitas.

Namun meskipun komunitas dapat menampung hingga lebih dari 20 ribu anggota, grup pemberitahuan hanya bisa menampung maksimal 5 ribu.

Panggilan Suara dan Video

Anda tidak bisa melakukan panggilan suara dan video di komunitas, tidak seperti di grup.

Privasi Anggota

Tidak seperti di grup, di mana Anda bisa melihat nomor telepon semua anggota, Anda hanya bisa melihat jumlah anggota di komunitas, tanpa bisa melihat nama ataupun nomor telepon mereka. Hal ini merupakan peningkatan privasi untuk anggota komunitas. Jangan lewatkan juga cara menyembunyikan nomor ponsel Anda di grup WhatsApp.

Lebih Mudah Mengeluarkan Anggota

Di komunitas, admin dapat mengeluarkan anggota dengan mudah, tidak hanya dari komunitas tetapi juga dari grup-grup dalam komunitas.

Tidak Bisa Memindahkan Kepemilikan

Di grup WhatsApp, kepemilikan grup atau posisi admin akan berpindah apabila admin meninggalkan grup. Di komunitas, pemilik tidak dapat meninggalkan atau dikeluarkan sebagai admin komunitas. Simak juga tentang apa itu komunitas WhatsApp dan kapan fitur ini tersedia.

Cara Membuat Komunitas WhatsApp

  • Pastikan WhatsApp Anda sudah versi terbaru.
  • Buka WhatsApp.
  • Ketuk tab Komunitas di sebelah kiri tab Chat, kemudian ketuk Mulai komunitas Anda.

Image 6 Apa Itu Komunitas WhatsApp dan Cara Menggunakannya

  • Ketuk Mulai.

Image 5 Apa Itu Komunitas WhatsApp dan Cara Menggunakannya

  • Beri foto, nama, dan deskripsi komunitas, kemudian ketuk tanda panah hijau.

Image 3 Apa Itu Komunitas WhatsApp dan Cara Menggunakannya

  • Anda bisa memilih untuk menambahkan grup yang sudah ada atau membuat grup baru untuk dimasukkan ke komunitas. Setelah selesai memilih grup yang ingin Anda tambahkan, ketuk tanda centang. Komunitas akan dibuat.

Image 4 Apa Itu Komunitas WhatsApp dan Cara Menggunakannya

Cara Bergabung dengan Komunitas WhatsApp

Umumnya, tidak ada yang perlu Anda lakukan untuk bergabung ke komunitas. Apabila pemilik komunitas menambahkan grup Anda ke komunitasnya, maka Anda akan langsung menjadi anggota komunitas. Jadi, satu-satunya cara yang bisa Anda lakukan untuk bergabung ke komunitas adalah menghubungi pemilik komunitas untuk menambahkan Anda. Namun, Anda harus tahu kontak pemilik komunitas, karena tidak ada cara untuk mencari komunitas di mana Anda bukan anggota.
Apabila Anda sudah masuk ke komunitas, Anda bisa meminta untuk bergabung ke grup WhatsApp dalam komunitas yang sama.

Untuk meninggalkan komunitas, cukup buka info komunitas, dan ketuk Tinggalkan Komunitas. Beri konfirmasi dengan mengetuk Keluar.

Itulah penjelasan mengenai apa itu komunitas WhatsApp dan cara menggunakannya.

  1. WhatsApp Messenger

    WhatsApp Messenger

    WhatsApp Messenger adalah aplikasi komunikasi untuk mengirim pesan dengan menggunakan koneksi internet. Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk chatting, melakukan panggilan, dan mengirim media ke kontak baik nomor lokal maupun internasional tanpa biaya tambahan dan hanya memerlukan koneksi internet. Lihat juga daftar paket stiker WhatsApp terbaik yang wajib Anda unduh.

Cara Melihat Cerita Lama di Instagram
Cara Melihat Cerita Lama di Instagram

Instagram Stories telah menjadi fitur yang sangat populer di antara pengguna Instagram untuk berbagi momen yang singkat dan menarik. Namun, terkadang Anda mungkin melewatkan cerita yang ingin Anda lihat kembali setelah 24 jam berlalu. Untungnya, ada beberapa cara untuk meliha…

Cara Mengunduh Video TikTok tanpa Tanda Air
Cara Mengunduh Video TikTok tanpa Tanda Air

Dalam era media sosial yang kaya akan konten video pendek, TikTok telah menjadi platform yang sangat populer. Namun, jika mengunduh video dari TikTok, Anda pasti menemukan tanda air yang mengganggu. Untungnya, ada beberapa cara untuk mengunduh video TikTok tanpa tanda air, ya…