Cara Mengetahui Apakah WhatsApp Anda Diretas dan Cara Mengatasinya

Image of whatsapp web

Sama seperti akun perpesanan lainnya, akun WhatsApp juga bisa diretas oleh pihak-pihak tidak bertanggung jawab apabila keamanannya kurang. Hal ini berbahaya karena privasi Anda terancam oleh peretas yang bisa mengakses data percakapan Anda di WhatsApp. Lantas bagaimana caranya untuk mengetahui apakah akun Anda aman atau telah diretas? Bagaimana solusi mengatasi akun WhatsApp yang diretas? Berikut penjelasan dari AndroidOut.

Tanda-Tanda Akun Anda Telah Diretas

Beberapa kondisi ini dapat menandakan bahwa akun Anda telah diretas, tetapi tidak selalu berarti demikian.

Temperatur Smartphone

Smartphone yang tiba-tiba menjadi panas bisa jadi adalah akibat dari aplikasi yang berjalan di latar belakang atau perangkat pengintai.

Baterai

Sama halnya, baterai smartphone yang tiba-tiba berkurang dengan cepat dapat menandakan adanya aplikasi yang berjalan di latar belakang seperti perangkat pengintai.

Cara-Cara Peretas Meretas WhatsApp

1. WhatsApp Web

WhatsApp Web dan WhatsApp smartphone dapat digunakan bersamaan. Tetapi hal ini membuat akun Anda rawan diretas, karena WhatsApp web dapat dibuka dari komputer selain mlik Anda. Apabila peretas memiliki kode QR akun Anda, ia akan bisa membuka percakapan Anda dari mana saja.

2. Data Backup Perangkat

Apabila peretas sudah bisa mengakses data perangkat Anda, ia bisa melihat, menyalin dan menghapus percakapan Anda. Cara ini juga bekerja walau Anda sudah menggunakan Applock untuk WhatsApp Anda.

3. Jaringan Wi-Fi dengan Sniffer WhatsApp

Berhati-hatilah saat menggunakan Wi-Fi publik karena peretas dapat menggunakan Sniffer atau perangkat pengintai untuk melihat aktivitas Anda di WhatsApp.

4. Perangkat Pengintai Pihak Ketiga

Beberapa aplikasi pengintai dapat digunakan oleh peretas setelah menginstal semacam perangkat lunak di perangkat Anda.

Mengatasi Akun WhatsApp yang Telah Diretas

Matikan WhatsApp Web

Apabila ada keanehan pada akun WhatsApp Anda, Anda bisa melihat apakah ada yang menggunakan WhatsApp web untuk meretas akun tersebut. Caranya:

  • Buka WhatsApp di smartphone.
  • Ketuk 3 titik vertikal di pojok kanan atas.
  • Ketuk WhatsApp web.
  • Akan muncul daftar pengguna terbaru. Apabila Anda tidak mengenalinya,kemungkinan seseorang telah meretas akun Anda melalui WhatsApp Web.
  • Untuk mengatasi ini, log keluar dari WhatsApp web di semua komputer. Pastikan Anda log keluar setiap selesai menggunakan WhatsApp web.

Gunakan App Lock

Anda bisa menggunakan App Lock untuk mencegah peretas menyalin berkas percakapan Anda.

Autentikasi Dua Faktor WhatsApp

Image of whatsapp two factor authentication

Dengan verifikasi dua langkah, setiap percobaan untuk memverifikasi nomor telepon akan disertai dengan kode rahasia yang Anda buat sendiri. Caranya, buka WhatsApp > Setelan > Akun > Verifikasi Dua Langkah > Aktifkan.

Cara Mencegah Akun Anda Diretas

Image of cara mencegah akun whatsapp diretas

Jangan gunakan Wi-Fi atau poin akses publik

Jaringan publik yang terbuka membuat akun Anda rawan diretas.

Jangan beri akses smartphone Anda kepada siapapun

Hanya satu menit akses terhadap smartphone Anda dapat memberi peretas kesempatan untuk menggunanakan WhatsApp web atau berkas backup untuk melihat, menyalin dan menghapus percakapan Anda.

Blok pemasangan dari sumber tak dikenal

Pemasangan dari sumber tak dikenal yang diaktifkan membuat perangkat Anda rawan diretas.

Sekian cara mengetahui apakah WhatsApp Anda diretas dan cara mengatasinya. Jagalah data pribadi dan privasi Anda dengan tetap berhati-hati saat menggunakan WhatsApp.

  1. CM Security AppLock Antivirus

    CM Security AppLock Antivirus

    Ini adalah antivirus untuk membantu Anda menjaga ponsel agar bersih dari virus, Trojan, dan perangkat pengintai, serta menghindari masalah keamanan lainnya. Secara berkala menganalisis seluruh sistem dengan kecepatan tinggi, serta memindai semua aplikasi, file, halaman web dan update baru untuk memberikan keamanan yang lebih besar.

  2. WhatsApp Messenger

    WhatsApp Messenger

    WhatsApp Messenger adalah aplikasi komunikasi untuk mengirim pesandengan menggunakan koneksi internet. Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk chatting, melakukan panggilan, dan mengirim media ke kontak baik nomor lokal maupun internasional tanpa biaya tambahan dan hanya memerlukan koneksi internet.

Cara Menambahkan Tombol Kontak di Instagram
Cara Menambahkan Tombol Kontak di Instagram

Jika Anda merupakan seorang profesional atau memiliki bisnis dengan akun Instagram, menambahkan detail kontak di profil Anda akan memudahkan klien atau pelanggan menghubungi Anda. Berikut adalah cara menambahkan tombol kontak di Instagram. Cara Menambahkan Tombol Kontak di In…

Cara Mengirim Pesan ke Beberapa Kontak di WhatsApp
Cara Mengirim Pesan ke Beberapa Kontak di WhatsApp

Anda ingin mengirimkan pesan yang sama ke beberapa kontak sekaligus di WhatsApp? Anda mungkin perlu melakukan ini misalnya ketika ingin mengirimkan pesan ucapan hari raya atau sebagainya. Berikut adalah cara mengirim pesan ke beberapa kontak di WhatsApp. Meneruskan Pesan Cara…

Cara Mengunduh Audio dari Instagram
Cara Mengunduh Audio dari Instagram

Anda melihat video dengan audio yang Anda sukai di Instagram dan ingin menyimpan audio tersebut di ponsel Anda? Berikut adalah cara mengunduh audio dari Instagram. Cara Mengunduh Audio dari Instagram Buka Instagram dan temukan video reel atau postingan yang memuat audio yang …

Apa Itu TikTok Shop dan Cara Menggunakannya
Apa Itu TikTok Shop dan Cara Menggunakannya

Inovasi terbaru dari TikTok, TikTok Shop, telah mengubah cara pengguna berinteraksi dengan platform ini. TikTok Shop memberikan kemampuan kepada pengguna untuk tidak hanya menonton konten yang menarik, tetapi juga untuk membeli produk langsung dari aplikasi tersebut. Berikut …

Cara Melihat Siapa yang Melihat Video Instagram Anda
Cara Melihat Siapa yang Melihat Video Instagram Anda

Instagram merupakan platform sosial media populer untuk membagikan foto dan video. Setelah membagikan konten termasuk video, untuk berbagai alasan Anda mungkin ingin melihat siapa saja yang melihat video tersebut. Berikut adalah cara melihat siapa yang melihat video Instagram…