Memperbaiki dan Meningkatkan Akurasi GPS di Android Anda

Image 4 Memperbaiki dan Meningkatkan Akurasi GPS di Android Anda

GPS atau Global Positioning System adalah sistem yang memungkinkan Anda untuk melacak lokasi perangkat. Anda pasti sudah sering menggunakannya di smartphone Android Anda. Pernahkah Anda melihat bahwa lokasi Anda di GPS meleset dari lokasi sebenarnya? Hal ini berarti akurasi GPS Anda kurang. Kali ini AndroidOut akan membahas cara memperbaiki dan meningkatkan akurasi GPS di Android.

Nyalakan Mode Akurasi Tinggi

Untuk mendapatkan akurasi maksimal dari GPS, Anda bisa menggunakan mode akurasi tinggi. Selain menggunakan GPS, mode ini juga memanfaatkan Wi-Fi dan data seluler untuk menentukan lokasi perangkat. Cara menyalakannya yakni dengan membuka Setelan> Lokasi ( di beberapa ponsel Lokasi dapat ditemukan di Setelan> Pengaturan Sistem Lain)> Pastikan bahwa toggle lokasi sudah hidup> Ketuk Akurasi Tinggi.

Image 3 Memperbaiki dan Meningkatkan Akurasi GPS di Android Anda

Image 2 Memperbaiki dan Meningkatkan Akurasi GPS di Android Anda

Image 1 Memperbaiki dan Meningkatkan Akurasi GPS di Android Anda

Di beberapa smartphone, Anda bisa menemukan opsi tambahan di Setelan Lokasi, yakni Pemindaian. Opsi ini memungkinkan Anda mengaktifkan pemindaian Wi-Fi atau Bluetooth. Kedua pilihan ini meningkatkan akurasi GPS dengan mendeteksi jaringan Wi-Fi atau Bluetooth di sekitar Anda.

Gunakan Aplikasi Kompas untuk Mengkalibrasi GPS

Jika Anda merasa GPS perangkat mulai tidak akurat, Anda bisa mengkalibrasi ulang GPS dengan aplikasi kompas. Beberapa smartphone dilengkapi dengan aplikasi kompas. Jika tidak ada, Anda bisa mengunduh aplikasi kompas di Google Play Store. Setel ah itu, cukup jalankan aplikasi dan lakukan proses kalibrasi.

Pastikan GPS Tetap Aktif

Salah satu penyebab tidak akuratnya GPS adalah GPS yang dimatikan oleh perangkat untuk menghemat baterai. Untuk mengatasinya, Anda bisa mengunduh aplikasi GPS. Namun perlu diingat bahwa menggunakan aplikasi GPS akan memakan daya baterai.

Cara Menemukan Masalah GPS

GPS yang tidak akurat bisa disebabkan oleh masalah perangkat lunak maupun perangkat keras. Untuk mengetahui masalah apa yang terjadi pada GPS Anda, gunakan aplikasi GPS Essentials. Caranya: di menu utama, ketuk Satellites.

Image 6 Memperbaiki dan Meningkatkan Akurasi GPS di Android Anda

Anda akan melihat smartphone Anda terhubung ke satelit di sekitar bumi. Jika tidak ada satelit yang muncul, hal ini mungkin dikarenakan gangguan dari objek logam di sekitar Anda, case smartphone Anda, atau perangkat keras GPS yang tidak bekerja dengan benar. Jika ada satelit yang muncul, tetapi GPS Anda tetap tidak akurat, berarti kemungkinan ada masalah pada perangkat lunak GPS.

Segarkan Data GPS

Terkadang perangkat bisa tertahan di suatu satelit, dan mengakibatkan GPS tidak berfungsi dengan benar. Jika ini terjadi, Anda bisa menggunakan aplikasi GPS Status & Toolbox untuk menyegarkan data GPS dan menghubungkan ke satelit dari awal.
Di aplikasi:

  • Ketuk layar di mana saja.
  • Ketuk ikon menu, kemudian Manage A-GPS state.

Image 10 Memperbaiki dan Meningkatkan Akurasi GPS di Android Anda Image 9 Memperbaiki dan Meningkatkan Akurasi GPS di Android Anda

  • Ketuk Reset.

Image 8 Memperbaiki dan Meningkatkan Akurasi GPS di Android Anda

  • Jika sudah selesai, kembali ke menu Manage A-GPS state dan ketuk Download.

Image 7 Memperbaiki dan Meningkatkan Akurasi GPS di Android Anda

Gunakan Receiver GPS Eksternal

Jika GPS Anda benar-benar tidak bisa digunakan, pilihannya adalah menggunakan receiver GPS eksternal yang bisa dihubungkan ke perangkat melalui Bluetooth.

Memperbaiki Masalah GPS Pokemon GO

Salah satu aplikasi yang menggunakan GPS adalah Pokemon GO. Jika Anda menemukan errorGPS signal not found”, pastikan bahwa setelan Lokasi Anda hidup dan berada dalam mode akurasi tinggi. Jika tetap bermasalah, coba tutup aplikasi dan jalankan kembali.

Begitulah cara memperbaiki dan mengingkatkan akurasi GPS di Android.

  1. Kompas

    Kompas

    Aplikasi kompas yang menunjukkan arah mata angin dan medan magnet di smartphone Android. Compass juga menampilkan koordinat lokasi Anda, yang bisa Anda salin dan bagikan di aplikasi lainnya. Selain itu, aplikasi ini menampilkan kekuatan medan magnet, yang bermanfaat saat Anda mencari interferensi terhadap GPS.

  2. GPS Essentials

    GPS Essentials

    Aplikasi ini memuat berbagai peralatan GPS yang Anda perlukan. Dapat menampilkan akurasi GPS, ketinggian, kecepatan, baterai, dan masih banyak data lainnya. Dilengkapi dengan kompas dan perekam jejak. Tersedia juga peta dan tampilan satelit. Navigasi menjadi lebih mudah dengan berbagai peralatan dan widget yang disediakan.

  3. GPS Status & Toolbox

    GPS Status & Toolbox

    Maksimalkan kecepatan dan akurasi GPS Anda dengan aplikasi ini. GPS Status & Toolbox menampilkan data sensor GPS seperti posisi dan kekuatan sinyal satelit, akurasi, kecepatan, percepatan, dll. Dilengkapi dengan kompas dan penanda lokasi. Aplikasi ini juga bisa digunakan untuk mempercepat pencarian lokasi GPS dengan membersihkan data lama.

  4. GPS Alat

    GPS Alat

    Dapatkan semua peralatan GPS dalam satu aplikasi. Menyediakan kompas, penanda lokasi, speedometer, atimeter, prakiraan cuaca, dan masih banyak lagi. Terdapat juga alarm GPS yang mengingatkan ketika Anda sudah tiba di suatu lokasi, agar Anda tidak melewatkan pemberhentian kereta atau bus saat bepergian.

Memperbaiki dan Meningkatkan Akurasi GPS di Android Anda
Memperbaiki dan Meningkatkan Akurasi GPS di Android Anda

GPS atau Global Positioning System adalah sistem yang memungkinkan Anda untuk melacak lokasi perangkat. Anda pasti sudah sering menggunakannya di smartphone Android Anda. Pernahkah Anda melihat bahwa lokasi Anda di GPS meleset dari lokasi sebenarnya? Hal ini berarti akurasi G…