Berselancar dengan Privasi: Cara Menggunakan Mode Penyamaran di Android

Image 6 Berselancar dengan Privasi: Cara Menggunakan Mode Penyamaran di Android

Berselancar dengan mode penyamaran tidak hanya merahasiakan riwayat berselancar Anda, tetapi juga menawarkan berbagai manfaat lainnya. Penasaran apa saja manfaat mode penyamaran, dan bagaimana cara menggunakannya? Simaklah tutorial cara menggunakan mode penyamaran di Android berikut ini.

Cara Menggunakan Mode Penyamaran di Android

Menggunakan Mode Penyamaran di Google Chrome

  • Ketuk ikon menu berupa tiga titik.Image 7 Berselancar dengan Privasi: Cara Menggunakan Mode Penyamaran di Android
  • Ketuk Tab penyamaran baru.

Image 8 Berselancar dengan Privasi: Cara Menggunakan Mode Penyamaran di Android

  • Untuk menutup tab, geser bagian atas layar kebawah dan ketuk Tutup semua jendela penyamaran di bilah pemberitahuan.

Image 1 Berselancar dengan Privasi: Cara Menggunakan Mode Penyamaran di Android

Menggunakan Mode Penyamaran di Firefox Android

  • Ketuk ikon menu berupa tiga titik.

Image 2 Berselancar dengan Privasi: Cara Menggunakan Mode Penyamaran di Android

  • Ketuk Tab Pribadi Baru.

Image 3 Berselancar dengan Privasi: Cara Menggunakan Mode Penyamaran di Android

  • Untuk membuka suatu tautan di tab pribadi: ketuk dan tahan tautan, lalu ketuk Buka di Tab Pribadi.

Image 4 Berselancar dengan Privasi: Cara Menggunakan Mode Penyamaran di Android

Mengapa Menggunakan Mode Penyamaran?

Demi Privasi Akun

Jika Anda menggunakan komputer pribadi untuk media sosial, biasanya Anda akan memilih untuk tetap ter-login di situs tersebut, karena akan merepotkan untuk log in setiap kali Anda ingin membukanya. Namun hal yang sama tidak selalu berlaku dengan smartphone. Smartphone dapat dipinjam orang lain, dibagikan, atau bahkan dicuri. Oleh karena itu, penting untuk menjaga akun Anda di situs dan sosial media. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan mode penyamaran yang tidak menyimpan informasi log in Anda.

Agar Anda Tidak Ditargetkan oleh Iklan

Mode penyamaran tidak melindungi Anda dari melihat iklan yang bertebaran, tetapi berselancar dengan mode penyamaran melindungi Anda dari pelacakan yang memanfaatkan pencarian Anda untuk menargetkan iklan. Jika Anda tidak ingin pencarian dan riwayat berselancar Anda mempengaruhi iklan di berbagai situs dan aplikasi, gunakanlah mode penyamaran.

Menggunakan Dua Akun Sekaligus

Ingin menggunakan dua akun media sosial atau Google secara bersamaan? Anda bisa menggunakan satu akun di tab peramban biasa dan akun lainnya di tab penyamaran.

Ketika Anda Ingin Menelusuri Sesuatu Secara Rahasia

Anda ingin memberi hadiah kejutan kepada seseorang, atau mencari barang yang harus dirahasiakan? Gunakanlah mode penyamaran saat menelusurinya, agar Anda tidak perlu khawatir orang lain akan melihat riwayat pencarian Anda saat memegang smartphone Anda. Tetaplah ingat untuk menutup tab penyamaran setelah selesai digunakan.

Untuk Mengakali Paywall

Paywall atau pemblokiran berbayar adalah sistem yang diterapkan situs-situs, di mana mereka hanya menampilkan sebagian dari konten dan Anda harus membayar untuk melihat sisanya. Hal ini dapat diakali dengan menggunakan mode penyamaran saat membuka situs tersebut. Kami tidak menganjurkan untuk tidak membayar, mendukung kualitas jurnalisme adalah hal yang penting. Namun cara ini dapat membantu apabila Anda benar-benar membutuhkan informasi yang dibatasi.

Untuk Tes dan Debugging

Cache atau data cookie yang disimpan di peramban mungkin dapat mempengaruhi pengalaman pengguna ketika Anda mencoba menjalankan tes situs atau debugging perangkat lunak. Jika Anda khawatir akan hal ini, gunakanlah mode penyamaran untuk melakukannya.

  1. Chrome Browser - Google

    Chrome Browser – Google

    Aplikasi peramban dari Google yang memungkinkan Anda untuk berselancar di internet secara cepat. Dilengkapi dengan fitur untuk menghemat kuota dan fitur penyamaran untuk berselancar secara anonim. Selain itu, terdapat juga Google Safe Browsing untuk melindungi perangkat Anda dari situs yang membahayakan.

  2. Firefox Browser for Android

    Firefox Browser for Android

    Peramban untuk smartphone Android ini menawarkan kecepatan dan privasi, dengan fitur-fitur seperti mode penyamaran dan proteksi pelacakan. Proteksi tersebut mencegah situs melacak data Anda untuk iklan, jadi Anda tidak perlu khawatir untuk berselancar sesuka hati. Pengguna dapat menambahkan add on seperti pengelola unduhan dan kata sandi, serta pemblokir iklan (ad block).

  3. Firefox Focus: Peramban dengan privasi

    Firefox Focus: Peramban dengan privasi

    Firefox Focus adalah peramban Firefox yang menawarkan privasi ekstra. Berbeda dengan peramban lainnya, Firefox Focus dapat langsung digunakan untuk berselancar secara privat tanpa perlu setelan. Dilengkapi dengan pemblokir pelacakan agar situs-situs tidak melacak data Anda. Anda juga dapat menghapus riwayat berselancar dengan cepat di peramban ini.

  4. DuckDuckGo Privacy Browser

    DuckDuckGo Privacy Browser

    Peramban DuckDuckGo menjanjikan hal yang sama dengan mesin pencarinya. Peramban ini dapat memblokir pelacak di situs-situs yang Anda kunjungi, serta memberitahu Anda situs mana saja yang mencoba untuk melacak data Anda. Selain itu peramban ini juga memaksa situs untuk menggunakan enkripsi agar data Anda tidak dimata-matai.

  5. InBrowser - Incognito Browsing

    InBrowser – Incognito Browsing

    Peramban untuk berselancar secara privat. Setiap kali Anda keluar dari peramban ini, riwayat berselancar Anda termasuk cookies dan sesi akan dihapus. InBrowser juga mendukung jaringan TOR, yang bisa Anda gunakan untuk mengakses konten yang diblokir pemerintah atau penyedia layanan internet. Terdapat pemutar video di dalam peramban.

Cara Melihat Postingan Instagram Tanpa Akun Secara Legal
Cara Melihat Postingan Instagram Tanpa Akun Secara Legal

Anda ingin melihat postingan Instagram seseorang, tetapi tidak memiliki atau tidak ingin membuat akun Instagram? Ikutilah cara melihat postingan Instagram tanpa akun secara legal berikut ini. Menggunakan URL profil Buka peramban di ponsel atau komputer Anda Di bilah URL, keti…

Cara Menemukan Channel di Telegram
Cara Menemukan Channel di Telegram

Channel merupakan salah satu fitur unik Telegram yang menarik banyak pengguna di kalangan masyarakat Indonesia. Apabila Anda sedang mencari channel tertentu di Telegram, ikutilah cara menemukan channel di Telegram berikut ini. Apa Itu Channel Telegram? Channel Telegram adalah…

Apa Itu Telegram Premium dan Cara Menggunakannya
Apa Itu Telegram Premium dan Cara Menggunakannya

Tahukah Anda bahwa Telegram telah meluncurkan fitur premium, yang menawarkan sejumlah fitur ekstra untuk pengguna berbayar? Berikut adalah rincian apa itu Telegram Premium, dan cara menggunakannya. Apa Itu Telegram Premium Telegram Premium menyediakan berbagai fitur tambahan …

Apa Itu Komunitas WhatsApp dan Kapan Fitur Ini Akan Tersedia?
Apa Itu Komunitas WhatsApp dan Kapan Fitur Ini Akan Tersedia?

WhatsApp telah mengumumkan fitur baru bernama Komunitas, yang akan dites selama beberapa bulan ke depan sebelum diluncurkan secara luas. Berikut adalah semua yang perlu Anda ketahui mengenai apa itu komunitas WhatsApp dan kapan fitur ini akan tersedia. Apa Itu Komunitas Whats…