5 Alasan Google Play Store Lebih Baik daripada Apple App Store

Dalam dunia smartphone, Android dan Apple adalah dua raksasa sistem operasi yang terkenal. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan serta memiliki pengguna yang setia. Di Indonesia, Android memiliki lebih banyak pengguna dibandingkan iPhone karena smartphone Android memiliki variasi harga yang lebih terjangkau dibandingkan iPhone.

Berbicara tentang aplikasi, keduanya sama-sama memiliki toko aplikasi yang memungkinkan pengguna mengunduh aplikasi dengan mudah. Tentu keduanya masih terus melakukan penyempurnaan guna memenuhi kebutuhan pengguna, namun Google Play Store masih memiliki beberapa keunggulan dibandingkan Apple App Store.

Dalam hal apa sajakah Play Store lebih unggul dibandingkan App Store? Simak ulasan kami di bawah ini.

Google-Play-Store-vs-Apple-App-Store

Google Play Store lebih ramah untuk developer

Developer berperan penting dalam jumlah aplikasi di dalam toko. Apple lebih selektif dalam mengizinkan aplikasi untuk masuk ke App Store.

Hal ini mengakibatkan kurangnya kesempatan bagi developer kecil untuk mengembangkan aplikasi iOS sehingga akibatnya jumlah aplikasi iOS-pun sangat terbatas.

Berbeda dengan Android, pengembang lebih mudah dan bebas dalam memasukkan aplikasinya ke dalam Play Store. Anda akan lebih banyak melihat aplikasi menarik dan kreatif di dalamnya. Salah satu unggulannya adalah launcher yang dapat mengubah total tampilan yang hanya akan Anda dapatkan di Android.

Aplikasi Google Play Store lebih mudah ditemukan

Saat mencari aplikasi, Anda akan mengetik kata kunci dalam kolom pencarian. Jika mencari nama aplikasi yang sudah diketahui, aplikasi tersebut akan dapat langsung ditemukan, namun jika mencari berdasarkan kata kunci tertentu, Anda akan lebih sulit menemukan apa yang dicari di App Store.

Pencarian App Store menggunakan kata kunci yang dimasukkan developer dalam aplikasi sehingga hasil pencarian sedikit kurang relevan dan kita harus mengeluarkan waktu lebih banyak untuk menemukan aplikasi yang diinginkan.

Di Android, pencarian kata kunci dilakukan pada seluruh halaman aplikasi sehingga memberikan hasil yang lebih relevan dan akurat untuk pengguna. Mungkin kita tidak terlalu kaget karena Android dimiliki oleh Google.

Aplikasi Android lebih murah

Aplikasi berbayar pada kedua sistem tersebut memiliki harga yang berbeda. Pada Apple, harga aplikasi berbayar cenderung lebih mahal karena rendahnya kompetisi antar developer sehingga menyebabkan kompetisi harga tidak terlalu sengit.

Di Android, kompetisi antar developer lebih tinggi karena sangat banyak developer lain yang dapat mengembangkan aplikasi sama. Jika aplikasi tertentu memasang harga terlalu tinggi, pengguna biasanya akan memilih aplikasi alternatif yang gratis walaupun disertai iklan.

Melihat iklan memang sedikit mengganggu, tetapi jika mencari banyak aplikasi gratis dengan fitur keren atau aplikasi berbayar yang lebih murah, Play Store merupakan pilihan utama.

Google Play menyajikan informasi lebih lengkap

Pada halaman aplikasi kedua toko, informasi tentang aplikasi pasti tersedia, misalnya deskripsi, tangkapan layar, dan ulasan.

Di App Store miliki Apple, informasi visual tentang aplikasi hanya dapat dilihat melalui tangkapan layar. Hal tersebut kadang-kadang dapat dirasa kurang lengkap karena pengguna tidak dapat melihat penggunaan secara langsung melalui video.

Di Play Store, pengembang dapat menampilkan video untuk memberikan informasi penggunaan aplikasi secara lebih lengkap.

Di sisi tampilan halaman versi web-nya, App Store memiliki dua kolom informasi sehingga pengguna harus melihat sisi kiri dan kanan layar untuk membacanya.

Play Store menyajikan informasinya dalam satu kolom memanjang ke bawah. Mungkin Anda memiliki preferensi sendiri, tetapi melihat informasi dalam satu kolom tanpa harus melihat ke sisi lain dapat lebih efisien dan praktis.

Aplikasi Google Play memiliki kesesuaian perangkat lebih besar

Kedua sistem operasi memiliki aplikasi untuk smartphone dan tablet. Tetapi berbicara tentang kesesuaian perangkat, aplikasi iOS memiliki kekurangan.

Aplikasi iOS dapat dijalankan pada semua perangkat iPhone, namun untuk iPad, aplikasi harus secara spesifik telah dikembangkan untuk layar yang lebih besar terlebih dahulu agar dapat dijalankan.

Berbeda dengan Android, Anda tetap dapat menjalankan aplikasi baik di smartphone atau tablet. Jika aplikasi Android yang diunduh belum dikembangkan untuk tablet, tampilan aplikasi hanya akan seperti ukuran smartphone dan berada di tengah layar.

Itulah beberapa keunggulan Google Play Store dibandingkan Apple App Store. Bagaimana pendapat Anda? Bagikan dengan kami pada kolom komentar di bawah ini.

Cara Melihat Postingan Instagram Tanpa Akun Secara Legal
Cara Melihat Postingan Instagram Tanpa Akun Secara Legal

Anda ingin melihat postingan Instagram seseorang, tetapi tidak memiliki atau tidak ingin membuat akun Instagram? Ikutilah cara melihat postingan Instagram tanpa akun secara legal berikut ini. Menggunakan URL profil Buka peramban di ponsel atau komputer Anda Di bilah URL, keti…

Cara Menemukan Channel di Telegram
Cara Menemukan Channel di Telegram

Channel merupakan salah satu fitur unik Telegram yang menarik banyak pengguna di kalangan masyarakat Indonesia. Apabila Anda sedang mencari channel tertentu di Telegram, ikutilah cara menemukan channel di Telegram berikut ini. Apa Itu Channel Telegram? Channel Telegram adalah…

Apa Itu Telegram Premium dan Cara Menggunakannya
Apa Itu Telegram Premium dan Cara Menggunakannya

Tahukah Anda bahwa Telegram telah meluncurkan fitur premium, yang menawarkan sejumlah fitur ekstra untuk pengguna berbayar? Berikut adalah rincian apa itu Telegram Premium, dan cara menggunakannya. Apa Itu Telegram Premium Telegram Premium menyediakan berbagai fitur tambahan …

Apa Itu Komunitas WhatsApp dan Kapan Fitur Ini Akan Tersedia?
Apa Itu Komunitas WhatsApp dan Kapan Fitur Ini Akan Tersedia?

WhatsApp telah mengumumkan fitur baru bernama Komunitas, yang akan dites selama beberapa bulan ke depan sebelum diluncurkan secara luas. Berikut adalah semua yang perlu Anda ketahui mengenai apa itu komunitas WhatsApp dan kapan fitur ini akan tersedia. Apa Itu Komunitas Whats…