Apa Itu Berkas XAPK dan Bagaimana Cara Menginstalnya di Android

Pernahkah Anda mendengar tentang format berkas XAPK? Atau mungkin Anda sedang perlu menginstal berkas XAPK di ponsel Android Anda? Berikut adalah penjelasan mengenai apa itu berkas XAPK dan bagaimana cara menginstalnya di Android.

Apa Itu Berkas XAPK?

Berkas XAPK adalah berkas yang berisi sebuah berkas APK dan sebuah berkas OBB yang memuat data tambahan. Format ini dibuat untuk mengakali batasan ukuran berkas aplikasi sebesar 100 MB yang terdapat di Google Play Store. Terkadang, berkas XAPK juga memuat lebih dari satu berkas APK, atau yang dikenal sebagai Split APK.

Apa Beda Berkas XAPK dan APK?

Keduanya sama-sama memiliki fungsi untuk menginstal aplikasi. Namun, berkas XAPK tidak bisa langsung diinstal begitu saja seperti berkas APK. Ponsel Android umumnya tidak mengenali XAPK sebagai berkas yang dapat diinstal.

Cara Menginstal Berkas XAPK

Lalu bagaimana cara menginstal berkas XAPK di ponsel Android?

  • Temukan berkas XAPK yang telah Anda unduh di pengelola berkas.
  • Ketuk dan tahan berkas, Pilih Ganti nama, dan ubah nama berkas dari XAPK ke ZIP. Misalnya, apabila berkas original bernama aplikasi.xapk, maka Anda harus mengubahnya menjadi aplikasi.zip.
  • Folder yang telah diekstrak akan mengandung berkas APK, sebuah folder bernama Android, serta sebuah berkas PNG yang tidak penting.
  • Buka folder Android, dan Anda akan melihat folder lain di dalamnya. Salin folder ini ke Penyimpanan Internal> Android> OBB.
  • Jika sudah, kembalilah ke folder yang sudah diekstrak di langkah 4, dan ketuk berkas APK untuk menginstalnya seperti biasa. Pastikan Anda mengizinkan pengelola berkas untuk menginstal aplikasi dari sumber tak dikenal.
  • Jika Anda tidak bisa menyalin folder OBB menggunakan pengelola berkas di ponsel Android Anda, ada dua opsi yang bisa Anda lakukan. Anda bisa mencoba menggunakan pengelola berkas bawaan, atau aplikasi Berkas dari Google untuk memindahkan folder OBB. Jika hal tersebut gagal, Anda bisa menghubungkan ponsel Anda ke komputer dan memindahkan berkas menggunakan pengelola berkas di komputer. Lihat juga daftar aplikasi pengelola berkas terbaik untuk merapikan ponsel.

Cara Menginstal Berkas Split APK

Berkas split APK memerlukan langkah yang berbeda dengan berkas XAPK yang dilengkapi dengan folder OBB. Apabila berkas XAPK yang telah Anda ekstrak merupakan kombinasi dua atau lebih berkas APK, menginstalnya tidak akan sesederhana berkas XAPK dengan satu berkas APK. Untuk itu, Anda memerlukan aplikasi pihak ketiga, seperti Split APKs Installer.
Cara menggunakannya:

  • Unduh dan pasang Split APKs Installer.
  • Buka aplikasi, dan ketuk tombol Install APKs.
  • Pilih salah satu dari dua opsi pemilih berkas, dan buka folder di mana Anda telah mengekstrak berkas XAPK.
  • Pilih berkas-berkas APK yang ingin diinstal, dan ketuk Select.
  • Akan muncul kotak dialog. Ketuk Install.
  • Apabila diminta, ketuk toggle Izinkan dari sumber ini.

Cara Menguninstall Berkas XAPK

Apabila Anda menyadari bahwa aplikasi bertingkah aneh atau meminta izin yang tidak diperlukan, sebaiknya Anda mencopot aplikasi tersebut. Caranya:

  • Buka Setelan> Aplikasi dan notifikasi
  • Pilih aplikasi yang ingin Anda copot.
  • Ketuk Uninstall atau Copot pemasangan.
  • Selain itu, Anda juga bisa mencopot aplikasi dengan mengetuk dan menahan di ikon aplikasi, kemudian menariknya ke ikon Uninstall yang muncul.
  • Untuk ekstra hati-hati, sebaiknya hapus juga folder OBB aplikasi tersebut untuk menghilangkan aplikasi sepenuhnya.

Itulah penjelasan mengenai apa itu berkas XAPK dan cara menginstalnya di Android. Jangan lewatkan juga koleksi aplikasi di mana Anda bisa mengunduh berkas APK apapun.

  1. XAPK Installer

    XAPK Installer

    Gunakan aplikasi ini untuk menginstal berkas XAPK di perangkat Android Anda dengan mudah. Dapat menemukan berkas XAPK di ponsel Anda secara otomatis.

  2. Split APKs Installer (SAI)

    Split APKs Installer (SAI)

    Aplikasi untuk menginstal split APK yang simpel dan mudah digunakan. Instal split APK di perangkat Anda dalam beberapa langkah. Dilengkapi dengan berbagai opsi kustomisasi.

Cara Memasang Berkas APK di Ponsel Android
Cara Memasang Berkas APK di Ponsel Android

Sebagai pemilik peranti Android, Anda mungkin pernah membaca seputar berkas APK (Application Package File). Apakah sebenarnya APK itu? Memahaminya sangat penting jika Anda ingin mengunduh aplikasi Android yang belum tersedia secara resmi di Play Store. Apa Itu Berkas APK? Sep…